JAKARTA November 25, 2021. Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan bidan di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta sesuai dengan level KKNI yaitu level 6, dimana lulusannya mampu mengaplikasikan, mengkaji, memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah prosedural. Beberapa mahasiswa program studi Sarjana Terapan Kebidanan (STRKeb) semester 5 dan 7 saat ini sedang melakukan praktek lapangan di beberapa Puskesmas wilayah Jakarta Timur diantaranya puskesmas Cipayung, Pasar Rebo, Kramat Jati, Kamis (25/11/2021).

 Menurut Sekretaris Prodi STRKeb, Eka Nualana Nurjana, SSiT, MKM, Pendidikan Sarjana Terapan Kebidanan merupakan pendidikan yang menghasilkan sarjana Sains Terapan yang menyiapkan mahasiswa untuk bekerja dengan keahlian terapan, dimana dalam proses belajar mengajarnya fokus meningkatkan keahlian terapan tertentu dari taraf terampil menjadi mahir, sehingga muatan mata kuliahnya 60% adalah Praktek.

 Eka Mualana Nurjana yang sekaligus sebagai pembimbing mahasiswa praktek Lapangan menyampaikan bahwa, mahasiswa diturunkan ke lapangan selama 2 minggu, sejak tanggal 22 November sampai dengan 04 Desember 2021. Adapun nama praktek untuk semester 5 PKK 2 (Praktek Klinik Kebidanan 2) capaian targetnya yaitu ANC (Ante Natal Care) dan untuk semester 7 PPK 4 (Praktek Klinik Kebidanan 4) capaian targetnya yaitu PNC, KB dan Kespro. 

 Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan dari PKK 2 dan PKK 4 ini adalah untuk pencapaian kompetensi dalam asuhan ANC (Ante Natal Care), dan tidak menuntut kemungkinan bisa membantu layanan Caten dan konseling bagi semester 5. Mampu melaksanakan asuhan kebidanan Post Natal Care, KB dan Kesehatan Reproduksi, salah satu pelayanan Kespronya yaitu pelayanan IVA test, Papsmir, tegasnya.

Selanjutnya Sekretaris Prodi menambahkan, hasil yang diharapkan sesuai target capaian dan harapan pembimbing walaupun masih masa pandemi, agar tetap bisa memanfaatkan praktek lapangan dengan baik, komunikasi tetap aktif, banyak bertanya dan etikanya harus dijaga. Beberapa kegiatan sebelum turun lapangan dilakukan tutor di laboratorium kampus, kemudian dilakukan ujian laboratorium dan baru bisa turun lapangan jika dinyatakan lulus, pungkasnya. (MPD/Humas STIKes MRHJ).

Sumber : https://gemari.id/gemari/2021/11/25/mahasiswa-stikes-mrh-jakarta-mengadakan-praktek-di-puskesmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *