SMRH Gelar Acara Halal Bil Halal

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) pada tanggal 17 Juni 2019 mengadakan acara Halal Bil Halal yang bertempat di Gedung Utama SMRH. Pada acara tersebut hadir Ketua Badan Pembina YKBRP Prof. Dr. Haryono Suyono, Direktur Badan Penyelenggara Ibu Milangoni Subiakto Tjakrawerdaya, Sekretaris Badan Penyelenggara Ir. Sri Agustini Prakosa, Ketua SMRH dr. H. Hakim Sorimuda Pohan. Sp.OG berserta jajarannya, dan seluruh civitas akademika SMRH.

Di tengah acara berlangsung, ketua SMRH memberikan paparannya dan memberikan Informasi bahwa SMRH telah membuka Program Studi baru yaitu Profesi Bidan. Dengan semakin bertambahnya pilihan program studi di SMRH maka memberi pilihan untuk calon mahasiswa untuk memilih program studi yang sesuai dengan minat yang di tuju.

Pada kesempatan yang sama Ketua Badan Pembina YKBRP di tengah paparannya juga memberikan ide sederhana yang fresh untuk memperkenalkan keunggulan SMRH ke Siswa SMA. Dalam arahannya Menteri Kependudukan dan Kepala BKKBN era Presiden HM Soeharto ini mengarahkan agar para dosen dan karyawan untuk mendatangi sekolah-sekolah SMA untuk memperkenalkan program studi SMRH dengan berbagai fasilitas yg dimiliki, khususnya bidang studi kebidanan dan kesehatan masyarakat.

Sebelum acara di tutup, Staff Humas dan Marketing SMRH M. Irfan Effendi S.I.Kom, MM memimpin doa dengan penuh harapan dan ampunan kepada Tuhan YME agar SMRH dapat lebih berkembang, semakin maju dan lebih di kenal masyarakat senagai kampus yang berkualitas dan berkarakter.

Di akhir acara, seluruh Pimpinan dan civitas akademika SMRH saling berjabat tangan untuk memaafkan, dan diharapkan dengan adanya momen ini dapat terjalin kekompakan dan kebersamaan antar civitas akademika SMRH dengan memajukan kampus SMRH, yaitu sebagai kampus kesehatan yang berkualitas dan berkarakter.

Workshop Public Speaking & Personality, Bekal Untuk Tenaga Kesehatan dan Generasi Milenial

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) mengadakan Workshop Public Speaking and Personality, dengan tema “Explore Your Speaking Skills & Personality to Lead the Future” di Gedung Pandan Sari, Taman Wiladatika Cibubur, Kamis (11/4). Acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini, dihadiri oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya. Salah satunya Ketua SMRH, Dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, SpOG.

Beliau memberikan bekal kepada generasi muda yang hadir dalam acara workshop, bahwa generasi milenial saat ini jangan sampai melupakan sejarah dan harus menghargai bangsanya sendiri.

Selain Ketua SMRH, narasumber lainnya yang hadir yaitu David Rizal, jurnalis, reporter dan presenter lipuran 6 SCTV. Heru herdiawati, SSiT, MH, Dosen, pengurus pusat IBI, PJ Hukum PP IBI, konsultan dan koordinator pelatihan P2KS dan dipandu oleh moderator Ashar Nuzulul Putra ,SKM, M.Epid, parktisi kesehatan masyarakat MTKI dan dosen.

Workshop ini dihadiri kurang lebih 350 peserta dari berbagai kampus, dosen, mahasiswa dan karyawan. Ketua panitia, Nadia Iliani, menyampaikan bahwa tujuan diadakan workshop ini agar peserta workshop, mahasiswa dan tenaga kesehatan memiliki kepribadian yang baik. “Tujuan dilaksanakan workshop ini adalah memberikan peserta bekal keterampilan untuk menjadi seorang public speaker dan tenaga kesehatan yang mempunyai kepribadian yang baik.”

Acara ini ditutup oleh penampilan Guest Star Laki Band Official, grup musik yang beranggotakan 6 orang yaitu Abidzar Al Ghifari (Putra Alm. Ustad Jefri Al Buchori), Dika, Ramadhan Kusumah, Kafka Afdal, Rezha Malvin dan Rakhan Devana.

SMRH IKUT KEGIATAN CAMPUS PRO 2019 DI ISTORA SENAYAN

Jakarta, 11 Maret 2019

Lebih dari 50 Perguruan Tinggi (PT) Negeri dan Swasta mengikuti kegiatan Campus Pro di Istora Senayan pada tanggal 4 Maret 2019 – 6 Maret 2019. Kegiatan ini dilaksanakan oleh PT. Marawa Komunika Utama sebagai penyelenggara kegiatan atau Education and Techno Expo Festival Campus Pro 2019. Tahun ini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada juga menjadi bagian dari beberapa Perguruan Tinggi lain yang mengikuti kegiatan Campus Pro 2019.

Menurut Dr. Ir. Illah Sailah, MS dalam sambutannya saat membuka acara kegiatan Campus Pro di Istora Senayan pada tanggal 4 Maret 2019 mengatakan bahwa promosi merupakan proses aliran informasi yang hampir semua PT lakukan di akhir tahun pelajaran, baik melalui media online, media cetak, media suara, dan visual dalam rangka menarik para pelajar yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Kegiatan Campus Pro yang dihadiri lebih dari sepuluh ribu siswa kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 ini, bertujuan untuk memberikan informasi secara luas kepada siswa siswi SMA/SMK/MA mengenai Perguruan Tinggi yang terbaik sesuai dengan pilihan masing-masing. Sehingga diharapkan dengan hadir dalam kegiatan ini bisa sebagai bahan alternatif siswa dalam menentukan masa depan mereka melalui pendidikan tinggi.

KETUA SMRH DAN WORKSHOP MENANGKAL TAKTIK INDUSTRI ROKOK LEWAT FOUNDATION FOR SMOKE-FREE WORLD

Jakarta, 7 Februari 2019

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, Sp.OG, menjadi salah satu peserta undangan kegiatan workshop tentang “Menangkal Taktik Industri Rokok Lewat Foundation for Smoke-Free World – Phillip Morris Internasional” yang diselenggarakan oleh Fakuktas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bersama Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Ikatan Ahli Kesehatan Indonesia (IAKMI), bekerjasama dengan Southeast Asia Tobacco Control Alliance ( SEATCA), di Hotel Aryaduta Jakarta pada tanggal 6 Februari 2019.

Tujuan diadakannya kegiatan workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran komunitas Perguruan Tinggi serta lembaga-lembaga penelitian terkait kesehatan agar tidak terkecoh oleh taktik industri rokok yang menggunakan akademisi sebagai sarana untuk melestarikan bisnisnya. Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kewaspadaan para pimpinan dan komunitas fakultas kesehatan agar tidak terjebak oleh istilah, nama, visi dan misi, konsep-konsep, dan kegiatan-kegiatan yang seolah-olah sejalan dengan prinsip kesehatan untuk pengendalian tembakau.

Pada kesempatan itu, Ketua SMRH menyampaikan kesedihan juga kehawatirannya terkait bahaya rokok diantaranya yaitu  mengenai industri rokok sangat gencar memberitakan terjadinya PHK besar besaran adalah karena gencarnya kampanye anti rokok, padahal pabrik rokok bekerja habis-habisan untuk memperbesar tingkat produksi dengan menggunakan mesin dan mengurangi pekerja/tenaga manusia, sehingga dengan pengurangan tenaga kerja  maka pendapatan secara ekonomi pengusaha rokokmeningkat karena meningkatnya produksi rokok dengan menggunakan mesin. Awalnya biaya tenaga kerja sebesar 12 – 14% dari Production Cost turun menjadi 0,5% dari Production Cost. Isu tersebut, sangat merugikan kita khususnya dibidang kesehatan.

Sementara itu, UN General Assembly menyatakan bahwa ada pertentangan yang mendasar antara kepentingan industri rokok dengan kesehatan masyarakat, hal ini telah diikuti dengan ketetapan negara-negara anggota WHO untuk tidak terlibat kerjasama dengan industri tembakau atau pihak lain yang bekerjasama untuk kepentingan mereka, termasuk Foundation for Smoke Free World

Tahun 2017, Foundation for a Smoke Free World atau FSFW dibentuk, FSFW menerima dana sebesar 80 juta USD per tahunnya selama 12 tahun dari Philip Morris Internasional (PMI) yaitu perusahaan rokokmultinasional asal Amerika, dengan visi yaitu to improve global health by ending smoking in this generation. Menghentikan merokok disini adalah mengeliminir penggunaan rokok konvensional yang dibakar (menghasilkan asap), dan diganti dengan rokok yang dipanaskan (menghasilkan uap), hal ini juga perlu dicegah dan dihindari karena sama sama sangat berbahaya untuk kesehatan.

Selain Ketua SMRH, peserta lainnya juga terdiri dari beberapa Ketua/Dekan Fakultas Kesehatan dari PTN dan PTS lainnya, diantaranya : Universitas Indonesia, Universitas Diponogoro, Unibersitas Muhammadiyah, dan Ketua STIKes Surya.

LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI MAHASISWA

Jakarta, 28 Januari 2019

Bagian Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) mengadakan kegiatan Latihan kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Mahasiswa dengan tema “Pemimpin Masa Depan yang Sukses Terlahir dari Mahasiswa yang Pandai Berorganisasi”. Latihan tersebut di ikuti oleh 53 mahasiswa SMRH yang tergabung dalam Badan Eksekuti Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM), dan Himpunan Mahasiswa Kebidanan (HMKB) di SMRH. Acara dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari kamis-jumat tanggal 24-25 Januari 2019 di Lingkungan Kampus SMRH.
Tujuan dilaknakannya kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan semangat berorganisasi dan membentuk jiwa kepemimpinan melalui pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi.
Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Abdul Basit dari Lembaga Layanan Pendididkan Perguruan Tinggi (LLDIKTI), Ketua SMRH dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, Sp.OG, Wakil Ketua I Bidang Akademik Imelda Diana M, SST, SKM, M.Keb, Wakil Ketua II Bidang Non Akademik Ninin Nirawaty, MEd, PA, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Emilia, S.SiT, MKM.
Materi yang diberikan diantaranya yaitu mengenai ideologi dunia, keterampilan berkomunikasi, etika pergaulan dan organisasi, manajemen waktu, kiat sukses secara akademik dan non akademik, motivasi dan leadership.

PISAU FAIR TASIKMALA : SMRH Siap Cetak Tenaga Kesehatan Berkualitas dan Berkarakter

Jakarta, 31 Januari 2019

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) ikut serta dalam kegiatan pameran pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya dalam kegiatan PISAU FAIR. Kegiatan ini juga di ikuti oleh 42 Perguruan Tinggi (PT) Negeri dan Swasta dari berbagai daerah di Indonesia.

PISAU adalah singkatan dari Politeknik, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Universitas. Tujuan dilaksanakan pameran ini adalah agar dapat tersalurkan kemampuan para siswa/i dan dapat memberikan wawasan juga manfaat siswa/i dalam memilih Perguruan Tinggi.

Acara pameran pendidikan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, beliau mengatakan dalam sambutannya “Saya berharap siswa dan siswi harus ikhtiar dan berdoa dengan maksimal, karena dunia dan akhirat juga harus diraih dengan maksimal dalam meraih mimpi dan cita-cita dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk masa depan yang lebih baik”

Kegiatan PISAU FAIR ini sudah 6 tahun dilaksanakan oleh para alumni SMAN 1 Singaparna, dengan pengunjung dari beberapa guru di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan seluruh siswa/i kelas 15 se-Kabupaten Tasikmalaya.

Humas & Marketing

SMRH TURUT SERTA DALAM PAMERAN PENDIDIKAN MGBK DI BALAI KARTINI

Jakarta, 12 Januari 2019

Lebih dari dua puluh ribu pengunjung datang ke Balai Kartini Jakarta, untuk menghadiri dan melihat langsung kegiatan pameran pendidikan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8 Januari 2019 sampai 10 Januari 2019. Kegiatan pameran tersebut diadakan oleh para Guru Bimbingan Konseling (BK) Se-Provinsi DKI Jakarta. Acara pameran dibuka oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bowo Irianto, hadir pula Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH), dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, Sp.OG.

Kegiatan MGBK diadakan setiap tahunnya dengan tujuan memberi fasilitas kepada peserta didik agar mampu memetakan kemauan dan kemampuannya untuk memilih Perguruan Tinggi yang tepat untuk masa depan para siswa/I kelas 12 dari berbagai sekolah di Provinsi DKI Jakarta.

Sebanyak enam puluh Perguruan Tinggi yang ikut serta dalam kegiatan Pameran Pendidikan MGBK tahun ini, baik Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari dalam dan luar negeri. Dan lebih dari 500 siswa kelas 12 dari berbagai sekolah di Provinsi DKI Jakarta yang mendaftar di kampus SMRH pada kegatan pameran pendidikan MGBK.

 

Humas & Marketing

DIES NATALIS SMRH KE XV

Jakarta, 15 November 2018

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) tahun ini merayakan Dies Natalis ke XV dengan tema “Mewujudkan SMRH Sebagai Sumber Tenaga Kesehatan Yang Unggul“ di Auditorium Rumah Sakit Olah Raga Nasional (RSON) Cibubur pada tanggal 8 November 2018.
Hadir pada acara tersebut Rektor Universitas Trilogi Dr. Aam Bastaman, Kabag Kelembagaan & Sistem Informasi LLDIKTI Budhi Hery Pancasilawan, SH,MM, Senat Guru Besar SMRH Prof Soewarni Mansjoer, M.Si, Direktur Badan Penyelenggara SMRH Milangoni Subiakto Tjakrawerdaya, Sekretaris Badan Penyelenggara SMRH Ir. Sri Agustini Prakosa, Staf Ahli Badan Penyelenggara SMRH Ir. Ida Ismail Nasution, M.B.A, Sos Desa Taruna Bapak Susilo, Kecamatan Ciracas Bapak Suparmo, Ketua SMRH Dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, Sp.OG dan seluruh civitas akademika SMRH.
Dalam acara tersebut, Ketua SMRH dalam sambutannya menyampaikan SMRH merupakan bagian dari APTISI tempat bernaungnya 4.520 Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia. Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda telah saya sampaikan, sikap APTISI mengenai arahan terhadap semua perguruan tinggi untuk mencegah sikap radikalisme dan intoleransi, untuk itu mahasiswa kita diingatkan untuk melawan dan mencegah Atheisme, Marxisme, Leninisme dan Komunisme.
“Sudah 15 tahun SMRH melakukan pengabdiannya bagi Tanah Air tercinta dengan melahirkan tenaga kesehatan yang cerdas, handal, terampil, bermartabat yang telah tersebar dan berperan penting di tengah – tengah masyarakat. Sesuai dengan tema Dies Natalis tahun ini mewujudkan SMRH Sebagai Sumber Tenaga Kesehatan Yang Unggul”, lanjut Ketua Badan Penyelenggara SMRH.
“Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada adalah salah satu kampus kesehatan terbaik di Jakarta, kalau tidak baik tidak mungkin LLDIKTI datang dalam kegiatan saat ini”, ungkap Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI.
Pada acara tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Direktur Badan Penyelenggara SMRH Ny. Milangoni Subiakto Tjakrawerdaya, di dampingi oleh seluruh Pimpinan SMRH, potongan tumpeng pertama diberikan kepada dosen dan karyawan dengan masa bakti lebih dari 10 tahun bekerja di SMRH.
Dalam kegiatan Dies Natalis ke XV ini, juga SMRH memberikan penghargaan kepada Dosen dan karyawan dengan masa bakti 10 tahun yaitu Tiurlan Yunetty S, SKM, MM, M.Kes dan Eva Wasmania, S.Kom. Juga hadiah lainnya untuk pemenang Lomba Tumpeng, Lomba Poster dan Lomba Stand Up Comedy.
Sebelum acara ini dilaksanakan, berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya Donor Darah bekerjasama dengan PMI, Bakti Sosial dan Lomba Poster Kesehatan.

Humas & Marketing

SMRH MENJADI TEMPAT PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI BIDAN DARI BERBAGAI PT

Humas & Marketing, 28 Oktober 2018

Sejak tahun 2014, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) dipercaya menjadi tempat pelaksanaan Uji Kompetensi (UKOM). Sesuai dengan hasil Monitoring dan Evaluasi SMRH telah memenuhi syarat menjadi TUK/Tempat pelaksanaan Uji Kompetensi, salah satunya karena memiliki jumlah mahasiswa yang banyak sebagai peserta UKOM, fasilitas yang lengkap dan memadai seperti adanya sound sistem sentral, ruang kelas, toilet bersih, dan tempat penitipan tas.

Tahun ini Pelaksanaan UKOM dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Oktober di ikuti oleh delapan Perguruan Tinggi (PT) yang melaksanakan UKOM di SMRH baik PT dari Jakarta maupun luar Jakarta. PT tersebut adalah Poltekkes Kemenkes Jakarta III,Akbid Kartini, Akbid Farama Mulya, Universitas Moh Husni Thamrin, Akbid Al-Fathonah, STIKes Binawan, Poltek Karya Husada Jakarta dan STIKes Perintis Padang.

UKOM bidan diselenggarakan dalam rangka menjamin mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan, yang salah satu kebijakan utamanya adalah penyelenggaraan UKOM secara nasional. Dengan tujuan sebagai upaya standarisasi registrasi dan izin praktek bagi tenaga kesehatan yang akan memberikan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Alumni SMRH yang mengikuti UKOM dengan jumlah kelulusan pertahunnya mencapai 98,66% sampai dengan 100%. Artinya selain fasilitas kuliah yang mempuni seluruh peserta UKOM dari SMRH telah disiapkan dengan sangat matang, dan memiliki kompetensi yang baik selama proses belajar mengajar di SMRH.

PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN SEKPRODI, KABAG, KASUBAG DI LINGKUNGAN KAMPUS SMRH

Humas & Marketing, 5 November 2018

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) mengadakan acara pelantikan dan serah terima jabatan Sekretaris Program Studi (Sekprodi), Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) di lingkungan kampus SMRH pada tanggal 1 November 2018. Hadir pada acara tersebut Direktur Badan Penyelenggara SMRH Milangoni Subiakto Tjacrawerdaya, Sekretaris Badan Penyelenggara Ir. Sri Agustini Prakosa, Ketua SMRH dr. H. Hakim Sorimuda Pohan. Sp.OG berserta jajarannya, dan seluruh karyawan SMRH.

Struktur Sekprodi terpilih adalah Erny Elviany S, SPi, M.Si (Sekprodi S1 Kesehatan Masyarakat), Yulia Herawati, S.SiT, M.KM (Sekprodi Sarjana Terapan Kebidanan), Nurhidayah, S.SiT, M.KM (Sekprodi D-III Kebidanan).

Kepala Bagian terpilih adalah Yulita Nengsih, S.SiT, M.Kes (Kabag Akademik), Eka Maulana N, S.SiT, M.KM (Kabag Laboratorium), Dr. Dina Martha Fitri, SST, M.Pd (Kabag PPM), M. Sofi, S.Kom (Kabag SDM), Nina Tresnayanti, S.SiT, M.Kes (Kabag Kemahasiswaan), Diena Soefiana, S.SiT, MM, M.Kes (Kabag Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni).

Kepala Sub Bagian terpilih adalah Desi Rusmiati, S.SiT, M.KM (Subag PPM), Lusi Asmarani, AM.d (Subag Penggajian SDM), Andrie Livian, SE (Subag Accounting), Saripudin, AM.d (Subag PD DIKTI), Anton Haryanto, SKM (Subag Kemahasiswaan dan Alumni), Putri Indriyani, S.SiT (Subag perpustakaan).

Pergantian struktur organisasi SMRH dilaksanakan setiap 4 tahun masa jabatan. Selain pergantian Jabatan Sekprodi, Kabag, dan Kasubag, pada tanggal 8 Oktober 2018 SMRH juga melaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan di lingkungan Pimpinan SMRH, Pimpinan yang terpilih Kepala SPMI Lisa Trina Arlym,SST, M.Keb, Wakil Ketua I Bidang Akademik Imelda Diana M, SST, SKM, M.Keb, Wakil Ketua II Bidang Non Akademik Dra Ninin Nirawaty, MEd.PA, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Emilia, S.SiT, M.KM.