Sesuai arahan Presiden dan Mendikbud seta LLDIKTI Wilayah III untuk selalu dapat menaati arahan dan protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 untuk melaksanakan work from home (WFH). Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diperkenankan untuk bekerja dari rumah, tanpa mengurangi kinerja, tidak mempengaruhi tingkat kehadiran dan tidak mempengaruhi tunjangan kinerja. Selain itu, terdapat juga Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1 tertanggal 16 Maret 2020 yang salah satu poinnya adalah memberlakukan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk Perguruan Tinggi di wilayah masing-masing, dan menyarankan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran dari rumah.

Menaggapi hal di atas tentunya STIKES Mitra RIA Husada Jakarat tidak diam saja,  kami berupaya beradaptasi dan memenuhui semua kebutuhan dari para dosen dan mahasiswa. Salah satunya kebutuhan untuk pilihan melakukan pembelajaran secara daring. Memang tidak mudah dilakukan,  Pertama, memerlukan kesiapan perangkat dan tentu paket data internet yang masih dikelola secara mandiri. Kedua, tidak semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital. Revolusi industri 4.0 memungkinkan kita melakukan inisiatif terbarukan untuk memaksimalkan fungsi komunikasi, transfer informasi, dan pengetahuan. penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini kami pun melakukan berbagai media pembelajaran jarak jauh pun dicoba dan digunakan. Sarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran online antara lain, E-learning, aplikasi zoom, Google Classroom, YouTube, maupun media sosial whatsapp. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas. Dengan menggunakan media online tersebut, maka secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh mahasiswa maupun Dosen.

Dalam mendukung  semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital. STIKes Mitra RIA Husada Jakarta berupaya untuk memfasiltasi dosen dan mahasiswanya dengan menyelenggarakan “Pelatihan kelas online Metode Pembelajaran dengan pemanfaatan platform Quiziz, Edmodo, Google Form dan Camtasa Studio”. Pelatihan ini diselenggarakan dengan berkolaborasi/kerjasama dengan Dunia Akademisi.

Kelas pelatihan media pembelajaran ini dilakukan secara online menggunakan sarana WhatsApp, Youtube, dan Google Class. Peserta yang mengikuti dari kegiatan Pelatihan ini antara lain : Seluruh dosen SMRH dan mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Kesehatan Masyarakat dan D-III Kebidanan. Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini adanya peningkatan kemampuan sivitas akademika (tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa) khususnya dalam menggunakan beberapa metode pembelajaran daring.

Pelatihan ini sangat menarik bagi peserta terlihat pada  peserta yang antusias aktif dan respon selama pelatihan  begitu pula  saat menyelesaikan tugas dengan baik dan  segera. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 19 Juli 2020, dengan waktu pelatihan 19.30 s/d 21.30 WIB, dengan tempat dimasing masing peserta. Adapaun materi pelatihannya:

Akhir dari penelitian ini seluruh peserta kompeten dalam penggunan media pembelajaran dan dinyatakan lulus  dengan terbukti dengan adanya terbit sertifikat. Semoga dengan adanya pelatihan ini para dosen dan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan lebih baik dan berkualitas. ( SK Pelatihan Pembelajaran Daring-Fin link : ( SK Kepanitiaan link : https://tinyurl.com/y5n3p26g) ( BukuPanduanPelatihan link: https://bit.ly/32FE83c )  (Presensi Peserta link:  https://bit.ly/32AaIDR ) ( Sertifikat link:  https://bit.ly/31BcrcH )

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Jl. Karya Bhakti No.3, RT.8/RW.7, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720