Praktek Klinik Kebidanan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes Mitra Ria Husada (MRA) tahun akademik 2021-2022, pada semester Gasal diselenggarakan di Desa Wantisari Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten, pada Senin (14/03).

Kegiatan Praktek Klinik Kebidanan ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian mata kuliah asuhan kebidanan komunitas bagi para mahasiswa yang mengambil program studi Sarjana Terapan Kebidanan di STIKes MRHJ.

Dalam acara pembukaan Praktek Klinik Kebidanan ini, dihadiri juga oleh Kepala Unit Kerja BP STIKes MRA Dr dr Andi Julia Rifiana M.Kes., Wakil Ketua 1 Imelda Diana M., S.S.T., M.K.M., M.Keb., Kepala Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Nurulicha S.S.T., M.Keb., Koordinator PKK Komunitas Dr Yocki Yuanti S.S.T., S.Pd., M.Kes., Sekcam Leuwidamar Umar Marjuki, Kepala TU Puskesmas Leuwidamar Eha Atikah S.SiT., Bidan Desa Wantisari Isti Z Wandari.

Menurut Koordinator PKK Komunitas Dr Yocki Yuanti S.S.T., S.Pd., M.Kes., menuturkan pada SURYAPOS jika, kegiatan Praktek Klinik Kebidanan bagi mahasiswa semester Gasal, Prodi Sarjana Terapan Kebidanan STIKes MRA ini dilakukan sebagai bentuk penerapan atau pengaplikasian mata kuliah yang didapat di kampus untuk kemudian dilakukan praktek di lapangan.

Kenapa Praktek Klinik Kebidanan ini dilakukan di Kabupaten Lebak ?, karena di Lebak sendiri banyak terdapat mahasiswa dari profesi bidan yang sedang dan sudah menimba ilmu di STIKes MRA, sehingga harapannya penerapan IPE dari 3 Prodi yakni, Profesi Bidan, Sarjana Terapan Kebidanan dan Sarjana Kesehatan Masyarakat, akan lebih mudah dilakukan”, ujar Bidan Anty, sapaan akrab dari Koordinator PKK Komunitas ini.

Lebih lanjut disampaikan oleh Bidan Anty jika, pihaknya berharap agar para mahasiswa yang melakukan Praktek Klinik Kebidanan ini, mampu melakukan asuhan kebidanan di komunitas dengan melibatkan peran serta masyarakat, sebagai salah satu upaya dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat, sesuai dengan visi dari STIKes MRA yakni, menghasilkan tenaga bidan yang profesional, berkompeten dan siap mengabdi di masyarakat. (sumber : https://suryapos.id/praktek-klinik-kebidanan-mahasiswa-stikes-mitra-ria-husada-jakarta/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *