Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) menggelar acara seminar yang diadakan di Gedung Utama kampus pada Kamis 26 Desember 2019. Seminar ini dihadiri oleh para wakil ketua, dewan penyantun, mahasiswa/I SMRH, dosen beserta karyawan dan tamu undangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trilogi.

Seminar ini bertujuan untuk memperingati perjuangan kaum perempuan di Indonesia, sebagaimana yang diungkapkan oleh narasaumber dalam acara ini yaitu Dra. Sri Danti Anwar, MA selaku Ketua SMRH.

“Kenapa kita perlu memperingati hari ibu? Karena kita ingin mengenang pergerakan perjuangan kaum perempuan di Indonesia  untuk merebut kemerdekaan pada saat itu.”

Selain itu Sri Danti juga menjelaskan sejarah bagaimana awal mula munculnya hari ibu di Indonesia yaitu bermula dari Kongres Perempuan Indonesia (KPI) pertama, yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Dilanjutkan KPI kedua di Jakarta yang menetapkan fungsi utama perempuan Indonesia sebagai “Ibu Bangsa” yang wajib mendidik generasi baru yang lebih sadar rasa kebangsaannya. Hingga pada akhirnya tahun 1938 KPI di Bandung menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

“Hari Ibu dikukuhkan dengan Keputusan Presiden No. 316/ tahun 1959 tentang hari-hari nasional yang bukan hari libur.” Kata Sri Danti.

Dalam seminar ini tidak hanya membahas mengenai sejarah, pergerakan, dan perjuangan kaum perempuan saja. Tapi juga membahas betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bahaya seks pra nikah. Seperti yang dijelaskan oleh narasumber kedua, Nina Tresnayanti, S.Sit, M.Kes yang juga merupakan Dosen SMRH.

“Di Indonesia ada 63% remaja yang sudah melakukan hubungan seks pra nikah. Lalu apa bahayanya seks pra nikah itu? Ada rasa penyesalan, kecanduan, tidak ada jaminan untuk menikah, menikah terlalu muda, aborsi, terkena HIV AIDS, mengecewakan orangtua dan pasangan kelak, dan menjauh dari Allah.” Kata Nina.

Seminar yang bertemakan Perempuan Berdaya Indonesia Maju ini, merupakan seminar yang baru pertama kali dilaksanakan di SMRH. Semoga setiap tahunnya, seminar dalam rangka memperingati Hari Ibu bisa terus terselenggara.