Massage/pijat merupakan terapi sentuh tertua dan terpopuler yang dikenal manusia. Pijat telah lama dilakukan hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan diwariskan secara turun temurun. Pijat tersebut bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan tubuh menjadi segar bugar kembali.  Pijat dapat diterapkan di semua kalangan umur mulai dari bayi hingga dewasa.

Program pelatihan ini ditujukan bagi tenaga kesehatan khusunya mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan dan Profesi Bidan yang ada di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta. Kompetensi ini akan meningkatkan kepercayaan diri bidan dalam Laporan Pelatihan memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif, serta menumbuhkan jiwa berwira usaha bagi bidan.  Selain itu pelatihan ini sebagai kompetensi/kurikulum unggulan Program Studi sehingga dijadikan pelatihan yg wajib di laksanakan dan dikuti oleh Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Profesi Bidan. Berdasarkan hal tersebut diatas perlu dipersiapkan tenaga-tenaga bidan yang mampu memberikan asuhan prima untuk asuhan sayang ibu dan bayi dalam melakukan asuhan kebidanan. Masa pandemi Covid-19 masih menimbulkan ketidakpastian dalam dunia pembelajaran khususnya pada pelatihan, situasi ini berdampak pada beberapa kebijakan termasuk pada pola pelatihan Healthy Mom, Baby Massage And Spa sehingga pelatihan ini menggunakan metode daring WhatsApp Group, Live Zoom dan Google Form serta mekanisme pelaksanaan yang sudha disipakan oleh provaider IHCA.

Pelatihan ini dibuka secara virtual langsung oleh Ketua STIKes Mitra RIA Husada Jakarta ibu Sri Danti Anwar MA dan  pihak provaider IHCA (Indonesian Holistic Care Association) yaitu bunda Suratmi. Pelatihan ini berlangsung selama 15 hari dimulai pada tanggal 03 sampai dengan tanggal  15 Agustus 2020. Jumlah peserta dalam pelatihan ini berjumlah 129 terdiri dari Prodi Sarjana Terapan Kebidanan 90 mahasiswa, prodi Profesi Bidan 33 mahasiswa serta para dosen 6 dosen. Fasilitas yang didapat oleh masing-masing peserta antara lain : Modul materi, 2 sertifikat, video pembelajaran praktik seragam kaos dan goodie bag.

Adapun metode dalam pelatihan ini adalah online dengan menggunakan WhatsApp Group, Live Zoom, Google Form dna Telegram. Setiap harinya para peserta di share video praktk, penjelasan mtaeri dengan live zoom, diskusi taya jawab dengan para faslitator dan peserta. Evaluasi dalam setiap keterampilan dalam bentuk penugasan berupa pembuatan video praktik dan diberikan feedback oleh tim fasilitator IHCA lewat WhatsApp Group ataupun Telegram.

Tentunya materi dalam pelatihan ini terkait dengan asuhan pelayanan komplementer yakni pada kehamilan, nifas dan bayi, seabagai berikut :

Akhir dari penelitian ini seluruh peserta kompeten dan dinyatakan lulus diumumkan pada acara yudisium pelatihan sekaligus penutupan kegitan pelatihan ini. Kelulusan diumumkan oleh bunda Miya Prakoso selaku Manager IHCA.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus diterbitkannya sertifikat. Harapan panitia adalah seluruh peserta mendapatkan manfaat yang berarti dari kegiatan Pelatihan Touch Training: Healthy Mom, Baby Massage And Spa ini dan secara tidak langsung memberikan manfaat untuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Profesi Bidan, dan tentunya bagi mahasiswa dapat menambah keterampilan pada asuhan kebidanan pelayanan komplementer.  (SK Panitia Pelatihan Healty Mom, BM, Spa-ICHA link : https://bit.ly/2EVOcNH ) (Materi link: https://tinyurl.com/y4twwrh3 )

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Jl. Karya Bhakti No.3, RT.8/RW.7, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720