English Conversation Day bersama Dra. Sri Danti Anwar, MA (Ketua STIKes Mitra RIA Husada),

English Conversation Day bersama Dra. Sri Danti Anwar, MA (Ketua STIKes Mitra RIA Husada),
Setiap hari Jumat pukul 14:00 s/d 15:00 WIB

Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada minggu lalu, Jumat (17 Januari 2020), dengan peserta mahasiswa Prodi S1 Kesmas, semester 7 kelas reguler
Topik pertemuan pertama :
Introduce Your Self and Your Friends

Tujuannya dilaksanakannya Conversation Day ini adalah memberikan nilai tambah kepada mahasiswa terutama S1 Kesmas untuk menghadapi dunia kerja yang semakin menuntut keterampilan salah satunya adalah keterampilan ber bahasa Inggris.

SMRH Peduli Bencana Longsor dan Banjir Bandang

BEM  SMRH melakukan kegiatan peduli bencana longsor dan banjir bandang di kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor pada hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020. Sumber Donasi berasl dari ketua dan jajaran YKBRP, Ketua SMRH serta dari karyawan, dosen beserta mahasiswa SMRH.

 Donasi yang terkumpul dibelanjakan dalam bentuk sembako ( Beras, gula, minyak, makanan siap saji, Mie instan ), perlengkapan sekolah, bumbu dapur , susu , diapers, minyak kayu putih, bedak gatal  serta alas tidur untuk korban bencana. Penyerahan bantuan diserahkan langsung ke posko utama di kantor kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

 Tim yang berangkat berjumlah 15 orang yang terdiri dari 2 orang dosen, 2 orang karyawan serta 11 orang perwakilan mahasiswa.

SMRH LAKUKAN KERJASAMA DENGAN PT TRUBUS MITRA SWADAYA

Jakarta, 9 Januari 2020

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) adalah kampus kesehatan yang rindang dan hijau di wilayah DKI Jakarta dengan luas tanah 38.000 meter persegi.

Sebagai kampus kesehatan yang juga konsen pada kesehatan lingkungan, yaitu sebagai kampus yang bebas dari kebisingan dan polusi.

Pada hari selasa, 7 Januari 2020 SMRH dalam hal ini Ketua SMRH Dra. Danti Anwar, MA dan Yustina Erna Widyastuti Direktur PT. Trubus Mitra Swadaya melakukan penandatangan kerjasama  tentang pelaksanaan pengelolahan lahan untuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat di kampus SMRH.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk penataan kawasan menjadi taman hijau dengan dipenuhi bibit tanaman buah dalam plybag/drum yang merupakan tanaman transit sebelum dipindah ke pembeli, di tanam juga tanaman buah permanen di tanah di lingkungan SMRH dan sayuran-sayuran organik.

Hal tersebut juga dapat menambah keindahan halaman di lingkungan kampus SMRH yang luas dan hijau.

PKL MAHASISWI KEBIDANAN SMRH

Jakarta, 9 Januari 2020

Kebidanan komunitas adalah pelayanan kebidanan yang menekankan pada aspek psiko-sosial budaya yang ada di komunitas (masyarakat sekitar). Maka seorang Bidan di tuntut mampu memberikan pelayanan yang bersifat indovidual maupun kelompok. Untuk itu, seluruh mahasiswi Prodi D-III Kebidanan Tingkat II Semester V Angkatan XIV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) rencana akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mulai tanggal 13 Januari -1 Februari 2020 di Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung Bogor.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan kebijakan safe mother hood dan prinsip primary health care yaitu perlu adanya pendekatan yang mampu memperluas jangkauan pelayanan kesehatan di masyarakat dalam bentuk pelayanan kebidanan yang bersifat promotif dan preventif, serta mampu menggerakkan Peran Serta Masyarakat (PSM).

Kemarin (8/1) telah dibuka kegiatan Pra PKL di Dinkes Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh Ketua SMRH Dra. Sri Danti Anwar, MA dan Kadinkes serta Kabid SKD dari Kabupaten Bogor atau yang mewakili.

Peringati Hari Ibu, SMRH Gelar Seminar mini

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) menggelar acara seminar yang diadakan di Gedung Utama kampus pada Kamis 26 Desember 2019. Seminar ini dihadiri oleh para wakil ketua, dewan penyantun, mahasiswa/I SMRH, dosen beserta karyawan dan tamu undangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trilogi.

Seminar ini bertujuan untuk memperingati perjuangan kaum perempuan di Indonesia, sebagaimana yang diungkapkan oleh narasaumber dalam acara ini yaitu Dra. Sri Danti Anwar, MA selaku Ketua SMRH.

“Kenapa kita perlu memperingati hari ibu? Karena kita ingin mengenang pergerakan perjuangan kaum perempuan di Indonesia  untuk merebut kemerdekaan pada saat itu.”

Selain itu Sri Danti juga menjelaskan sejarah bagaimana awal mula munculnya hari ibu di Indonesia yaitu bermula dari Kongres Perempuan Indonesia (KPI) pertama, yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Dilanjutkan KPI kedua di Jakarta yang menetapkan fungsi utama perempuan Indonesia sebagai “Ibu Bangsa” yang wajib mendidik generasi baru yang lebih sadar rasa kebangsaannya. Hingga pada akhirnya tahun 1938 KPI di Bandung menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

“Hari Ibu dikukuhkan dengan Keputusan Presiden No. 316/ tahun 1959 tentang hari-hari nasional yang bukan hari libur.” Kata Sri Danti.

Dalam seminar ini tidak hanya membahas mengenai sejarah, pergerakan, dan perjuangan kaum perempuan saja. Tapi juga membahas betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bahaya seks pra nikah. Seperti yang dijelaskan oleh narasumber kedua, Nina Tresnayanti, S.Sit, M.Kes yang juga merupakan Dosen SMRH.

“Di Indonesia ada 63% remaja yang sudah melakukan hubungan seks pra nikah. Lalu apa bahayanya seks pra nikah itu? Ada rasa penyesalan, kecanduan, tidak ada jaminan untuk menikah, menikah terlalu muda, aborsi, terkena HIV AIDS, mengecewakan orangtua dan pasangan kelak, dan menjauh dari Allah.” Kata Nina.

Seminar yang bertemakan Perempuan Berdaya Indonesia Maju ini, merupakan seminar yang baru pertama kali dilaksanakan di SMRH. Semoga setiap tahunnya, seminar dalam rangka memperingati Hari Ibu bisa terus terselenggara.

SETETES DARAH ANDA, NYAWA BAGI SESAMA

Dalam rangka memeriahkan kegiatan Dies Natalis ke XVI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) mengadakan kegiatan donor darah yang di selenggaran pada hari Jum’at  27 Desember 2019. Acara tahunan ini merupakan kegiatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat yang bersinergi dengan SMRH.

kegiatan donor darah yang dibuka untuk umum ini di laksanakan di Laboraturium Komplementer SMRH dikarenakan suhu ruangan yang sesuai dan tempat yang steril merupakan syarat penting untuk proses donor darah. Dalam kegiatan ini mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Sarjana Terapan Kebidanan dan D-III Kebidanan ikut pula membantu untuk proses kelancaran kegiatan ini.

Sebelum proses pengambilan darah di lakukan ada beberapa tahap yang harus di lakukan oleh pendonor, diantara proses registrasi keikutsertaan sebagai pendonor, pemeriksaan golongan darah, pengecekan sampel darah apakah layak untuk di ambil darahnya.

Kegiatan yang di lakukan dari jam 09.00WIB sampai jam 12.00WIB ini menargetkan sebanyak 75 kantung darah. Di harapkan pula dengan adanya kegiatan tahunan ini, membuat semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa selain banyak manfaatnya untuk kesehatan si pendonor, mendonorkan darah banyak manfaatnya untuk kepedulian bersama.

Humas & Marketing

PELANTIKAN KETUA SMRH PERIODE 2019

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) hari ini tanggal 19 Desember 2019, resmi melantik Dra. Sri Danti Anwar, MA sebagai ketua SMRH Periode 2019-2023, bertempat di Gedung Utama Kampus SMRH. Pada acara tersebut, hadir Ketua Umum Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP) Ny. Milangoni Subiakto beserta jajaran, hadir juga Para Wakil Ketua, dosen, kepala bagian, karyawan dan perwakilan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Sri Danti Anwar mengucapkan terima kasih kepada pihak YKBRP yang sudah memercayainya memimpin kampus ini. Selain itu, perempuan yang berkecimpung lebih dari 30 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini juga diharapkan bisa memperbaiki manajemen dan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa.  

Fokus pada peningkatan kinerja, menjadi poin penting dalam sambutannya. Karena menurut beliau, dengan meningkatkan kinerja kita mampu meningkatkan jumlah mahasiswa. “Bagaimana bisa kita meningkatkan jumlah mahasiswa dan minat mahasiswa untuk bergabung dengan kita, tanpa adanya peningkatan kerja? Karena saat ini banyak competitor dari kampus lain, kita harus berkembang dan kinerja harus ditingkatkan”, lanjut Ketua SMRH yang baru.

Dalam masa jabatan empat tahun mendatang, beliau memiliki empat sasaran untuk memajukan kampus SMRH. Pertama, bagaimana meningkatkan jumlah mahasiswa. Kedua, Bagaimana meningkatkan akreditas. Dan ketiga, merubah proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar ini, dosen dituntut untuk kreatif, berpikir kritis dan mahasiswa bisa senang belajar. Ke depannya, beliau akan membuat forum komunikasi mahasiswa dan dosen agar suara serta aspirasi mahasiswa bisa didengar dan juga dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum YKBRP, Milangoni Subiakto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sri Danti Anwar yang telah bergabung dengan SMRH. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Sri. Selamat mengemban amanah dan dapat melanjutkan program-program yang sudah berjalan di kampus ini.”

SMRH LAKUKAN SERTIJAB KETUA BARU

Pada (11/12) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) melakukan kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Ketua SMRH yang lama dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, SpOG dengan Ketua SMRH yang baru Dra. Sri Danti, MA di lingkungan kampus SMRH. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP) Prof. Dr. Haryono Suyono beserta Jajaran, Pengawas YKBRP, Pengurus YKBRP, dan sivitas akademika SMRH.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Haryono Suyono menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Ketua SMRH yang lama yang telah bekerja dengan penuh semangat dan dedikasi yang luar biasa untuk SMRH.

“Selamat bertugas kepada Ketua SMRH yang baru” lanjut Prof. Haryono dalam sambutannya.

Ketua Pembina YKBRP juga menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadien Makarim yang  memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan. Dari itu, mahasiswa diharapkan memperkuat karakter sebagai lulusan perguruan tinggi yang di idamkan dan dosen mampu mengembangkan ilmu pengetahuan bukan hanya memberikan kuliah dan ceramah seperti biasa saja, namun dosen di tuntut memberikan informasi yang baru dan dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan dinamis.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Umum YKBRP Milangoni Subiakto juga menyampaikan ucapan Selamat datang Dra. Sri Danti, MA  sebagai Ketua SMRH yang baru.

SMRH Gelar Acara Halal Bil Halal

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) pada tanggal 17 Juni 2019 mengadakan acara Halal Bil Halal yang bertempat di Gedung Utama SMRH. Pada acara tersebut hadir Ketua Badan Pembina YKBRP Prof. Dr. Haryono Suyono, Direktur Badan Penyelenggara Ibu Milangoni Subiakto Tjakrawerdaya, Sekretaris Badan Penyelenggara Ir. Sri Agustini Prakosa, Ketua SMRH dr. H. Hakim Sorimuda Pohan. Sp.OG berserta jajarannya, dan seluruh civitas akademika SMRH.

Di tengah acara berlangsung, ketua SMRH memberikan paparannya dan memberikan Informasi bahwa SMRH telah membuka Program Studi baru yaitu Profesi Bidan. Dengan semakin bertambahnya pilihan program studi di SMRH maka memberi pilihan untuk calon mahasiswa untuk memilih program studi yang sesuai dengan minat yang di tuju.

Pada kesempatan yang sama Ketua Badan Pembina YKBRP di tengah paparannya juga memberikan ide sederhana yang fresh untuk memperkenalkan keunggulan SMRH ke Siswa SMA. Dalam arahannya Menteri Kependudukan dan Kepala BKKBN era Presiden HM Soeharto ini mengarahkan agar para dosen dan karyawan untuk mendatangi sekolah-sekolah SMA untuk memperkenalkan program studi SMRH dengan berbagai fasilitas yg dimiliki, khususnya bidang studi kebidanan dan kesehatan masyarakat.

Sebelum acara di tutup, Staff Humas dan Marketing SMRH M. Irfan Effendi S.I.Kom, MM memimpin doa dengan penuh harapan dan ampunan kepada Tuhan YME agar SMRH dapat lebih berkembang, semakin maju dan lebih di kenal masyarakat senagai kampus yang berkualitas dan berkarakter.

Di akhir acara, seluruh Pimpinan dan civitas akademika SMRH saling berjabat tangan untuk memaafkan, dan diharapkan dengan adanya momen ini dapat terjalin kekompakan dan kebersamaan antar civitas akademika SMRH dengan memajukan kampus SMRH, yaitu sebagai kampus kesehatan yang berkualitas dan berkarakter.

Workshop Public Speaking & Personality, Bekal Untuk Tenaga Kesehatan dan Generasi Milenial

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada (SMRH) mengadakan Workshop Public Speaking and Personality, dengan tema “Explore Your Speaking Skills & Personality to Lead the Future” di Gedung Pandan Sari, Taman Wiladatika Cibubur, Kamis (11/4). Acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini, dihadiri oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya. Salah satunya Ketua SMRH, Dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, SpOG.

Beliau memberikan bekal kepada generasi muda yang hadir dalam acara workshop, bahwa generasi milenial saat ini jangan sampai melupakan sejarah dan harus menghargai bangsanya sendiri.

Selain Ketua SMRH, narasumber lainnya yang hadir yaitu David Rizal, jurnalis, reporter dan presenter lipuran 6 SCTV. Heru herdiawati, SSiT, MH, Dosen, pengurus pusat IBI, PJ Hukum PP IBI, konsultan dan koordinator pelatihan P2KS dan dipandu oleh moderator Ashar Nuzulul Putra ,SKM, M.Epid, parktisi kesehatan masyarakat MTKI dan dosen.

Workshop ini dihadiri kurang lebih 350 peserta dari berbagai kampus, dosen, mahasiswa dan karyawan. Ketua panitia, Nadia Iliani, menyampaikan bahwa tujuan diadakan workshop ini agar peserta workshop, mahasiswa dan tenaga kesehatan memiliki kepribadian yang baik. “Tujuan dilaksanakan workshop ini adalah memberikan peserta bekal keterampilan untuk menjadi seorang public speaker dan tenaga kesehatan yang mempunyai kepribadian yang baik.”

Acara ini ditutup oleh penampilan Guest Star Laki Band Official, grup musik yang beranggotakan 6 orang yaitu Abidzar Al Ghifari (Putra Alm. Ustad Jefri Al Buchori), Dika, Ramadhan Kusumah, Kafka Afdal, Rezha Malvin dan Rakhan Devana.